SESUNGGUHNYA HIDUPKU, MATIKU DAN IBADATKU HANYA UNTUK ALLAH, TUHAN SEKALIAN ALAM

Tahukah Anda - Nama-Nama Malaikat Selain Yang Sepuluh



Tahukah Anda Nama-Nama Malaikat Selain yang Sepuluh?


Sebagai umat Islam, pastinya kita telah mengetahui dan menghafal rukun iman yang enam sejak kecil. Tak ada perubahan sejak dulu hingga sekarang tentang pokok-pokok keimanan kita terhadap hal yang gaib. Pun hingga hari akhir nanti.


Allah telah menjamin dan menjaga kemurnian rukun iman ini tanpa ada masukan dari nafsu manusia. Kita diajak untuk meyakini bahwa Allah itu Esa, tidak beranak dan tidak diperanakkan.

Malaikat hanyalah hamba Allah yang juga wajib diyakini keberadaannya. Seperti yang dijelaskan dalam Al-quran bahawa malaikat diutus untuk mencatat dan mengawasi segala urusan manusia dan patuh kepada Allah, mereka bersaf-saf serta memiliki sayap dan hanya Allah yang mengetahui jumlahnya.


Diantara nama-nama malaikat yang telah kita ketahui adalah Jibril, Mikail, Izrail,Israfil, Raqib, Atid, Munkar, Nakir, Malik dan Ridwan. Namun ada lagi nama malaikat lain yang disebutkan di Alquran, iaitu :


1. Malaikat Zabaniyah

Tugas Malaikat Zabaniyah adalah penyiksa orang-orang yang berdosa seperti dalam surat Al-Alaq ayat 18 yang berbunyi : ”Kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah ( penyiksa orang-orang yan berdosa)


2. Malaikat Harut dan Marut
Dalam surat Al Baqarah ayat 102 dijabarkan tentang tugas kedua malaikat ini. Bunyi ayat ini adalah sebagai berikut :


“Dan mereka mengikuti apa [1] yang dibaca oleh syaitan-syaitan [2] pada masa kerajaan Sulaiman [dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir], padahal Sulaiman tidak kafir [tidak mengerjakan sihir], hanya syaitan-syaitan itulah yang kafir [mengerjakan sihir]. Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat [3] di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan [sesuatu] kepada seorangpun sebelum mengatakan: "Sesungguhnya kami hanya cobaan [bagimu], sebab itu janganlah kamu kafir". Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang [suami] dengan isterinya.[4] Dan mereka itu [ahli sihir] tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfa’at. dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui”.


Wawlahu a’lam bisshawab

No comments:

Post a Comment


Alhamdulillah, terbina juga blog ini untuk perkongsian ilmu bersama. Blog ini di inspirasikan dari Lagu PESONA DUNIA - klik untuk mendengar.
Copyright© All Rights Reserved Pesonaduniaindah.blogspot.com